Tarif Tol JOLL Diprioritaskan Untuk Truk

Tarif Tol JOLL
Berita

Integrasi tarif jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan mulai berlaku 29 September 2018. Walau diakui tidak akan menyenangkan semua pihak, pemerintah yakin integrasi tarif tol JORR akan menguntungkan pelaku industri logistik. Integrasi tarif ditujukan untuk efisiensi fungsi jalan tol sebagai jalan primer angkutan logistik. Berdasarkan hal tersebut Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan lebih memprioritaskan armada angkutan logistik.

Kenaikan tidak akan menyenangkan semua pihak, namun kita harus utamakan yang kita prioritaskan yaitu logistik, ujar Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna dalam Forum Merdeka Barat (FMB). Dengan integrasi tarif maka transaksi pembayaran jalan tol hanya dilakukan satu kali.

Nantinya tarif jauh dekat akan berlaku flat Rp 15.000 untuk golongan I dari sebelumnya hanya Rp 9.500. Pengecualian dilakukan untuk rute BintaroViaduct yang tetap Rp 3.000. Dengan integrasi tarif, jarak terjauh tol JORR akan turun dari Rp 34.000 menjadi Rp 15.000. Itulah sebabnya, integrasi tarif ini dinilai lebih menguntungkan bagi penguna jalan tol jarak jauh termasuk juga kendaraan logistik.

Sebab, untuk tarif jarak terjauh kendaraan golongan V dari sebelumnya mencapai Rp 94.500, turun menjadi Rp 30.000. Jalan tol itu untuk angkutan jarak jauh dan angkutan logistik, dengan integrasi penurunan lebih banyak, dan lebih sesuai peruntukannya, terang Herry. Dengan tarif yang lebih murah, pemerintah berharap truk logistik lebih akan lebih memilih melintas di jalan tol. Sebab, sebelumnya dia melihat, angkutan logistik truk besar lebih memilih jalan non tol untuk efisiensi biaya.

Dengan begitu maka jalan non tol bisa dimanfaatkan kendaraan pribadi dengan jarak dekat. Apalagi integrasi tarif akan menghilangkan hambatan pintu tol, sebab ada tiga gerbang tol yang akan dihilangkan. Integrasi berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PUPR No 710 tahun 2018 yang mengubah Permen PUPR No 382 tahun 2018. Perubahan dilakukan dengan mengeluarkan akses tol viaduct menuju Bintaro tetap Rp 3.000.

Sangat Ditunggu Pengusaha
Terkait integrasi tarif, nantinya Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengoperasikan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan mengatur pembagian hasilnya. Jangka waktu investasi menjadi tolak ukur pembagian tersebut. Hitungannya agak lama karena ada yang sudah lama investasi ada pula yang baru,ujar Subakti Syukur pemangku jabatan Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Subakti membantah integrasi tarif akan menaikkan keuntungan perusahaan. Diharapkan makin lancar (jalan tol) maka growth-nya akan lebih bagus, terang Subakti. Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mendukung integrasi tarif tol JORR. Integrasi dinilai akan berpengaruh besar terhadap biaya pengiriman logistik. Integrasi ini sudah ditunggu Aptrindo, ujar Direktur Eksekutif Dewan Pengurus Pusat (DPP) Aptrindo Johannes Samsi.

Desain Baru Mata Uang Rupiah
Berita
Desain Baru Mata Uang Rupiah di Lepas ke Publik

Desain Baru Mata Uang Rupiah – Peluncuran mata uang Rupiah baru pada 19 Desember 2016, bertepatan dengan Hari Bela Negara, sempat membuat heboh masyarakat. Bahkan sampai mau dilaporkan ke kepolisian berkaitan dengan logo BI yang diasosiasikan dengan logo PKI. Kegaduhan lain adalah soal gambar pahlawan yang dipakai di ang tahun …

Genset Yanmar 35 KVA Termurah
Berita
Genset Yanmar 35 KVA Termurah

Genset Yanmar 35 KVA Termurah – Genset merupakan alat yang digunakan sebagai sumber listrik cadangan (alternatif) kapanpun dan dimanapun.  Hal ini dikarenakan, genset menggunakan bahan bakar eksternal seperti bensin dan solar. Berdasarkan bahan bakarnya, genset dibedakan menjadi dua yaitu genset bensin dan genset solar (diesel). Umunya, genset bensin memiliki ukuran …

Harga Batas Bawah Daging Ayam
Berita
Harga Batas Bawah Daging Ayam dan Telur di Naikan

Kenaikan harga jagung dan pakan ternak memaksa Kementerian Perdagangan (Kemdag) menaikkan harga batas bawah dan batas atas komoditas telur dan daging ayam ras. Sebab, di tengah kenaikan harga pakan ternak, harga ayam dan telur saat ini terus turun dan membuat peternak ayam merugi. Dalam aturan yang akan segera diterbitkan ini, …