Penyebab Kebutaan Pada Mata

Penyebab Kebutaan Pada Mata
Kesehatan

Penyebab Kebutaan Pada Mata – Sama seperti tekanan darah tinggi yang bisa bikin stroke, tekanan bola mata yang tinggi juga bisa mengakibatkan kebutaan. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan bola mata memegang pengaruh yang sangat penting terhadap penglihatan. Sama pentingnya dengan bagian-bagian mata lainnya seperti retina, kornea, iris, dll. Namun yang harus diperhatikan, kerusakan yang diakibatkan tidak normalnya tekanan bola mata, tidak bisa disembuhkan total.

Tekanan bola mata terbentuk dalam cairan yang mengisi bola mata. Namanya akuos humor. Cairan ini diproduksi oleh organ dalam mata yang disebut badan siliar. Jika bola mata kita bentuknya hampir bulat, yang berperan adalah airan itu. Cairan ini juga berfungsi memberi nutrisi kepada jaringanjaringan dalam bola mata.

Bola mata kempis
Normalnya tekanan bola mata adalah 10-21 mmHg, sehingga kurang atau lebih dari ukuran itu pasti memiliki efek pada mata, kata dr. Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center Kedoya, Jakarta Barat. Kalau tekanan bola mata terlalu rendah atau di bawah 6 mmHg, bola mata yang tadi bentuknya bulat berisi cairan menjadi kempis. Akibatnya bentuk dan ukuran mata bisa berubah. Selain itu, rendahnya tekanan bola mata juga bisa menyebabkan lepasnya saraf-saraf yang menempel di mata. Rupanya lem perekat alias penopang saraf mata itu adalah tekanan bola mata itu sendiri.

Kalau situasi ini terjadi, maka mata akan mengalami gangguan penglihatan bahkan bisa sampai buta. Penyebab turunnya tekanan bola mata juga jamak. Tekanan bola mata rendah bisa terjadi karena kebocoran bola mata (biasanya pascaoperasi), akibat kecelakaan sehingga terjadi robekan bola mata, atau karena masalah saraf. Jika kondisi ini terjadi maka operasi dan terapi obat menjadi jalan keluarnya.

Cairan dalam bola mata itu tidak bersifat statis. Ia akan mengaliri bagian-bagian mata dimulai dari anak mata (pupil) hingga sudut-sudut bola mata. Aliran cairan ini kemudian diteruskan keluar melalui saluran keluar yaitu pembuluh-pembuluh darah di mata. Artinya, ada proses masukkeluar cairan dalam bola mata. Normalnya agar tekanan bola mata tetap ideal, kata Zeiras, produksi dan keluarnya cairan bola mata itu harus berjalan seimbang. Artinya produksinya normal dan jalan keluarnya juga tidak terhambat. Apabila terjadi hambatan pada cairan keluar, itulah yang menyebabkan tekanan bola mata melonjak tinggi, ujar Zeiras lagi.

Nah, kalau tekanan bola mata meninggi, terjadilah kerusakan parah saraf mata yang biasa kita kenal dengan glaukoma. Gangguan mata lainnya yang bisa terjadi akibat tekanan bola mata yang tinggi namun belum merusak saraf adalah hipertensi okuli.

Penggunaan Sosial Media Dapat Mengganggu Kejiwaan
Kesehatan
Penggunaan Sosial Media Dapat Mengganggu Kejiwaan

Berita mengejutkan ini datangnya dari Inggris. Seorang remaja kinyis- kinyis, namanya Tallulah Wilson, menabrakkan diri ke kereta api yang sedang melaju di stasiun St. Pancras, London. Minggu, 14 Oktober 2012 , remaja 15 tahun itu menemui ajal. Tallulah yang juga balerina ini nekat bunuh diri setelah ibunya menutup akun Tumblrnya …

Hidup Sehat Dari Makanan Mentah
Kesehatan
Menjalani Hidup Sehat Dari Makanan Mentah

Hidup Sehat Dari Makanan Mentah – Ada sebagian orang yang memilih menganut pola makan mentah (raw food) untuk membuat tubuhnya lebih sehat. Jika memang merasa cocok atau mau mencoba, kita pun bisa mengikutinya. Tentu saja tidak asal mendadak raw food, karena semua ada prosesnya. Menu makan siang Putu S. Kardha …