Harga Batas Bawah Daging Ayam dan Telur di Naikan

Harga Batas Bawah Daging Ayam
Berita

Kenaikan harga jagung dan pakan ternak memaksa Kementerian Perdagangan (Kemdag) menaikkan harga batas bawah dan batas atas komoditas telur dan daging ayam ras. Sebab, di tengah kenaikan harga pakan ternak, harga ayam dan telur saat ini terus turun dan membuat peternak ayam merugi. Dalam aturan yang akan segera diterbitkan ini, Kemdag akan menaikkan batas bawah telur dan ayam ras di tingkat peternak menjadi Rp 18.000 per kilogram (kg).

Kemudian batas atas ditetapkan menjadi Rp 20.000 per kg. Harga itu naik sebesar Rp 1.000 dari batas bawah sebelumnya Rp 17.000 per dan batas atas Rp 19.000 per kg. Kemdag juga akan menaikkan harga acuan di tingkat konsumen menjadi Rp 23.000 per kg untuk telur, dari sebelumnya Rp 22.000 per kg. Sedangkan harga ayam ditetapkan Rp 34.000 per kg dari sebelumnya Rp 32.000 per kg. Aturan baru ini mulai berlaku 1 Oktober 2018, ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Rabu (26/9).

Politisi Nasdem ini mengatakan, perubahan harga berdasarkan masukan berbagai pemangku kepentingan. Sebab saat ini harga telur sedang terpuruk sementara harga pakan terus meningkat. Kalau tidak disikapi dapat memicu persoalan baru untu pelaku peternak telur maupun ayam. Mereka akan mengambil langkah afkir dini. Jangka panjangnya adalah berakibat pada suplai telur di masa depan, imbuhnya.

Enggar mengakui, penyesuaian harga batas atas dan batas bawah akan berdampak pada harga konsumen dan akan berpengaruh pada inflasi. Namun, bila penyesuaian harga tak segera dilakukan, maka peternak akan merugi. Dia juga menekankan bahwa kenaikan harga bersifat fleksibel, sebab menyesuaikan situasi dan kondisi yang tengah terjadi saat ini. Enggar mengklaim, Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) akan mengikuti kebijakan ini.

Dengan begitu, maka menurut Enggar, pedagang yang lain juga akan turut mengikutinya. Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Singgih Januratmoko mengatakan, kenaikan harga acuan telur dan daging ayam mendesak untuk diterapkan karena sekarang harganya di bawah biaya produksi. Selain itu, ia juga mendesak pemerintah menurunkan harga jagung. Kami minta dikembalikan ke harga referensi Rp 4.000 per kg, ucapnya.

Desain Baru Mata Uang Rupiah
Berita
Desain Baru Mata Uang Rupiah di Lepas ke Publik

Desain Baru Mata Uang Rupiah – Peluncuran mata uang Rupiah baru pada 19 Desember 2016, bertepatan dengan Hari Bela Negara, sempat membuat heboh masyarakat. Bahkan sampai mau dilaporkan ke kepolisian berkaitan dengan logo BI yang diasosiasikan dengan logo PKI. Kegaduhan lain adalah soal gambar pahlawan yang dipakai di ang tahun …

Genset Yanmar 35 KVA Termurah
Berita
Genset Yanmar 35 KVA Termurah

Genset Yanmar 35 KVA Termurah – Genset merupakan alat yang digunakan sebagai sumber listrik cadangan (alternatif) kapanpun dan dimanapun.  Hal ini dikarenakan, genset menggunakan bahan bakar eksternal seperti bensin dan solar. Berdasarkan bahan bakarnya, genset dibedakan menjadi dua yaitu genset bensin dan genset solar (diesel). Umunya, genset bensin memiliki ukuran …

Tarif Tol JOLL
Berita
Tarif Tol JOLL Diprioritaskan Untuk Truk

Integrasi tarif jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan mulai berlaku 29 September 2018. Walau diakui tidak akan menyenangkan semua pihak, pemerintah yakin integrasi tarif tol JORR akan menguntungkan pelaku industri logistik. Integrasi tarif ditujukan untuk efisiensi fungsi jalan tol sebagai jalan primer angkutan logistik. Berdasarkan hal tersebut Badan …